Sabtu, 14 April 2012

Beberapa cara memperbaiki flashdisk :

Menggunakan Software

1. Ringan,
Pertama-tama buka Run, ketik cmd, lalu ketik chkdsk Letter Drive: /f
Keterangan
a. perintah DOS chkdsk adalah perintah memeriksa error pada harddisk
b. Letter Drive: adalah lokasi Drive Flashdisk, Perintah ini di isi drive tempat flashdisk.
c: /F adalah Fixes errors on the disk, yakni perintah menghapus error pada disk.
Tunggu sampai proses berjalan 100%, Jika muncul command Convert folder to file ? [ketik] Y. kemudian hapus file/folder yang corrupt tadi dengan perintah DEL V:*.*.
2. Agak berat,
a. Download aplikasi Hewlet Packard USB Disk Storage Format Tool sini,
b. Install aplikasi tersebut, lalu masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi
c. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
d. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
e. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru serta menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
f. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang di inginkan.
3. Berat
Jika Flashdisk mengalami kerusakan akibat Bad Sector, langkah berikut bisa menjadi alternatif terakhir menggunakan utilitas Partition Magic. Tutorial ini menggunakan Partition Magic 7.0. Dengan software ini, kita coba membuang Bad Sectornya dengan cara :
a. Install Partitioan Magic 7.0
b. Setelah proses instalasi selesai, jalankan programnya. Tekan menu Resize Partitions. Lalu arahkan ke drive tempat Flashdisk kita berada. Menu ini akan merubah ukuran partisi flashdisk kita. Lalu tentukan ukurannya dengan tidak menyertakan lokasi Bad sector.
Perlu di perhatikan bahwa PartitionMagic mampu memeriksa bad sector melalui menu Operations – > Check for Errors sebagaimana sebuah fitur di Windows. ScanDisk
utilitas ini perlu di lakukan sebelum menjalankan Partition Magic untuk memastikan lokasi Bad Sector.
Cara lain adalah dengan menghapus partisi yang ada di flashdisk melalui tombol menu Operatons -> Delete. 

Manual
Jika flash disk kesayangan anda rusak dan bahkan tidak terdeteksi oleh komputer anda, pasti hal yang akan anda lakukan adalah mencoba memformatnya, tapi terkadang memformat masih tidak berpengaruh apa-apa. karena flash disk milik anda tidak terdeteksi baik oleh sistem komputer anda.
Terkadang ada sebuah cara konyol untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini. Jika anda berani dan nekat coba buka casing plastik yang menyelubungi flash disk, buka dengan menggunakan pisau atau silet (hati-hati jangan sampai melenceng kena tangan nanti berdarah).
Jika sudah maka anda akan mendapatkan sebuah flash disk yang terlihat semua jerohannya (isi). (lihat gambar)
1.Konektor
2.ICController
3.Testpoint
4.ICMemory
5.Crystal(pengaturfrekuensi)
6 LED
7.Switchwriteprotection
8.Tempat untuk menaruh memory tambahan
(NB : flash disk anda mungkin tidak sama posisi komponennya dengan gambar diatas tapi secara umum komponen yang ada sama dan mirip dengan semua flash disk.)
Jika anda memiliki blow-air silahkan gunakan tapi jika tidak ada coba pergi ke tempat service handphone lalu minta keringkan dengan blow-air, jangan menggunakan hair-dryer karena panas yang dihasilkan kurang panas.blow seluruh permukaan IC berikut kaki-kakinya dan semua solderan yang ada.kemudian angin-anginkan sebentar dan coba anda colokkan kekomputer.

Semoga informasi tersebut dapat membantu, jika ada tanggapan atau saran, silahkan poskan disini...
Terima kasih...