Sabtu, 15 Juni 2013

Root Pada Android



     Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?

Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Root pada Android
  1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser
    Ya, Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android.
  2. Dapat Meningkatkan Performance
    Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi "Failure/Failed". Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Gemini App Manager.
  4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.
  Kekurangan Root pada Android
  1. Menghilangkan Garansi Android Anda
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  2. Masalah Keamanan Pada Android
    Ya, melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti BitdefenderKasperskyESETAvast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.
       Jadi kesimpulan yang bisa diambil ialah, proses Root Android sangatlah berguna bagi seseorang terutama bagi pengembang untuk memiliki control penuh terhadap OS Android pada Tablet PC/Handphone yang di milikinya untuk di kustomisasi, namun di lain sisi resiko dapat muncul bila tidak dilakukan secara hati-hati dan digunakan oleh orang minim pengetahuan akan Sistem pada Android.
Nah.. itulah tadi sedikit info dari saya tentang Kelebihan dan kekurangan Melakukan Root pada Android,

Sekian dan terima kasih